The Best Traffic Exchange
Home » , » CARA MEMBUAT BIOGAS SEDERHANA

CARA MEMBUAT BIOGAS SEDERHANA

Cara membuat biogas simpel

membuat biogas
Selamat sore sobat.. Masih pada kuat kan puasanya.? Seperti biasannya, sabil menunggu berbuka puasa alias ngabuburit, saya mau berbagi pengalaman dan ilmu yang saya dapat waktu kelas sebelas dulu untuk sobat semua.. Yang pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cara membuat biogas sederhana. Walaupun sederhana, tapi jika sobat mengembangkanya, hal ini akan sangat bermanfaat selain untuk mengurangi limbah yang menyebabkan polusi udara, juga dapat sebagai bahan bakar alternatif. Mengingat biogas kali ini akan dibuat dari kotoran hewan ternat. Oke langsung saja ndak usah tambah panjang lebar,kita ke TKP..

Sebelumnya siapkan Alat dan bahan yang dibutuhkan..
1. Kaleng bungkus roti atau biskuit
2. Pentil roda sepeda motor
3. Adukan dari kayu
4. Lem fox atau lem kayu
5. Air secukupnya
6. Limbah peternakan/ kotoran sapi

Langkah langkah membuatnya
sebelumnya pasanglah pentilnya pada tutup kalengnya, dan pastikan tidak terdapat kebocoran pada sambunganya..
Prosesnya
1. Masukan kotoran sapi kedalam kaleng tadi sampai setengah bagian.
2. Tambahkan air kedalam kaleng hingga kaleng terisi campuran kotoran dan air sampai 2/3 bagian, dan biarkan yang sepertiga bagianya terisi udara.
3. Setelah selesai membuat campurannya, bersihkan sisi lubang kaleng dengan agar permukaanya kering. Lalu tutuplah dengan tutup yang telah di pasangi pentil tadi.. Agar tidak terjadi kebocoran saat proses pembentukan gas, berilah sela sela tutup kaleng dengan lem kayu.
4. Setelah semua selesai, simpanlah kaleng tadi ditempat yang tidak terkena panas matahari atau tempatkan di daerah yang tidak panas. Tunggu proses pembentukan gas selama kurang lebih 3 minggu.

Cara memeriksa hasilnya.
Periksalah hasilnya ditempat yang agak gelap dan tidak ada angin. Bukalah tutup pentilnya, lalu tekanlah bagian dalam pentil tersebut dengan bantuan kayu kecil agar gasnya keluar. Sambil ditekan, taruhlah api kecil di dekat lubang pentil dengan korek api. Jika proses pembentukan gas berhasil, saat pentil ditekan apinya menjadi besar dan apinya akan berubah menjadi biru..

Sekian, selamat mencoba... Salam 48..

source: pengalaman

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di A.M.R'S BLOG

0 komentar:

Post a Comment

@@@@@TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA@@@@@
ANDA BEBAS MENULIS KOMENTAR , YANG PENTING SOPAN...
@@@TERIMA KASIH@@@

 
Support : Copyright © 2014. A.M.R'S BLOG by MAJIDCHAN - All Rights Reserved