The Best Traffic Exchange
Home » » TAU NGGAK SIH? IKAN BISA BICARA..?

TAU NGGAK SIH? IKAN BISA BICARA..?





Sore sobat A.M.R. kali ini aku mau bagi bagi pengetahuan . Tentang fakta unik tentang ikan.Bagaimanapun juga ikan tidak bisu. Didalam air pun mereka bisa menghasilkan suara, entah orang mau menyebutnya bisa "bicara" atau tidak. Kita ambil contoh gagak laut, sejenis ikan yang antara lain terdapat di Laut Hitam dan Laut Tengah. Ikan ini pernah diamati bagaimana cara mereka menirukan suara kapal selam.
 Memang ikan tidak memiliki bahasa yang sudah berkembang seperti manusia.. Kita menghasilkan bunyi-bunxi bahasa lewat apa yang disebut "alat pembentuk suara" di leher, pangkal tenggorokan dan kerongkongan. Alat semacan ini tidak di miliki oleh ikan. Mereka menghasilkan nada dan bunyi dengan cara lain, misalnya dengan gemerutuk gigi atau mengeluarkan suara seperti mendengkur. Ada ikan yang bisa menggesekan tulang-tulang tertentu pada sirip yang disebut pancuran sirip dan dengan begitu bisa menghasilkan suara gemerisik. Sebaliknya ikan genderang menggendut dengan tulang atau otot pada gelembung udgra yang keras dibagian dalam tubuhnya. Gelembung udara ini dimiliki semua ikan supaya mereka bisa mengambang dalam air tanpa susah payah. Aneka ragam bunyi ini digunakan untuk menyampaikan berita antara ikan satu dengan yang lainya , untuk mencari pasangan kawin atau mengenyahkan musuh mereka. Masih ada cara lain bagi ikan untuk bisa menyampaikan berita kepada ikan di sekitarnya, memang tanpa suara.. Beberapa dari ikan ikan itu ada yang mengirimkan sinyal listrik yang lemah. Di air keruh dan tak tembus pandang , mereka bisa menunjukan kepada kerabat sejenis dimana mereka sedang berada.. sekian dulu " tau nggak sih" kali ini. Sampai jumpa... Please leave a koment..
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di A.M.R'S BLOG

1 komentar:

@@@@@TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA@@@@@
ANDA BEBAS MENULIS KOMENTAR , YANG PENTING SOPAN...
@@@TERIMA KASIH@@@

 
Support : Copyright © 2014. A.M.R'S BLOG by MAJIDCHAN - All Rights Reserved